FAQs

-Frequently asked questions

1. Kalau ingin menulis novel/cerita, sebaiknya apa saja sih langkah-langkah yang harus kita lakukan? 

Kalau ditanya langkah-langkah dalam membuat sesuatu, mungkin tidak semua orang sama. Tapi, aku punya versi sendiri untuk mulai menulis yang mudah-mudahan bermanfaat buat kalian. Oiya, ingat ya ini versi ku hehehe, jadi kalian bisa lihat ini sebagai referensi aja dan menentukan preference kalian nanti!

1)Saat kamu ingin menulis novel/cerita, pertama-tama hal yang harus kamu lakukan itu adalah meyakinkan diri kamu sendiri. Apakah kamu bener-bener niat atau enggak?

2) Cari motivasi atau goal. Karena dalam menulis itu pasti ada yang namanya titik jenuh. Entahlah ketika ide tidak mengalir dan sebagainya, tapi kalau kamu punya motivasi menulis yang baik dan kuat, yakin deh pasti cerita kamu selesai. Contohnya, motivasi kamu itu cowok yang kamu taksir. Karena kamu terinspirasi sama dia, dan ingin mengapresiasikan rasa kamu itu ke semua orang,  otomatis cowok ini sudah mendukung kamu untuk menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai.

3)Setelah tahu motivasi kamu, kamu harus coba untuk buat cerita dari awalnya, menguatkan tokoh yang kamu bayangkan dan cari konfliknya! Oiya, sekedar info pasaran nih hehehe, jalan cerita itu datangnya ketika kita lagi enjoy. Jadi jangan suka paksakan diri kamu untuk menulis ya! Biarkan mengalir dan jadikan ini sesuatu yang membuat kamu happy dan bukannya sesuatu yang malah membuat kamu tertekan. Balik ke menulis, aku sendiri punya masukan nih… Menurutku, jangan terlalu banyak membuat konflik yang membingungkan. Karena kadang kita suka kesulitan dalam menemukan penyelesaiannya. Kamu bahkan disarankan untuk membuat suatu konflik yang sederhana namun menarik dan tidak biasa tetapi tetap sesuai dengan kehidupan nyata. Lalu, baru deh kamu jungkir balikkan emosi para pembaca pada puncak konflik dan buat klimaks yang paling seru! 🙂

2. Kalau tiba-tiba kena “writer’s block”, cara mengatasinya seperti apa dong?

Menurut aku, writer’s block itu seperti penyakit flu. Sering banget datang kalau badan kurang fit. Nah, writer’s block itu datang ketika otak dan hati kamu yang tidak fit. Kok bisa? Ada dua kemungkinan:

1) Mungkin saja kamu sebenarnya belum mood atau punya gambaran jelas untuk menulis tapi sudah dipaksakan.

2) Atau bisa juga, kamu sudah punya ide yang jelas tapi kata-kata di dalam otak kamu tidak bisa direalisasikan dengan baik.

Nah, Kalau sudah seperti itu ada dua jalan keluar yang bisa ditempuh:

1) Untuk masalah yang pertama, lebih baik jangan kamu lanjutkan aktivitas menulis kamu. Biarkan saja seperti itu dan tunggu sampai waktu yang menyembuhkan writer’s block kamu. Saran dari aku sih kalau memang belum dapat gambaran cerita dan lain-lain, kamu bisa banyak-banyak menonton filem-filem baru, drama korea, atau membaca buku-buku yang kamu suka. Eits, bukan untuk dijiplak ya. Tapi untuk membangkitkan semangat!

2) Ketika berurusan dengan kata-kata yang tidak mau mengalir, kamu bisa kembali membaca buku seperti tips yang di atas dan memperkaya diksi-diksi yang kamu miliki. Atau bisa juga kamu paksa (tips Primadonna Angela, penulis yang menulis buku tentang “How to be a Writer”). Bagaimana cara memaksanya? Curhat! Tapi lewat tulisan. Jadi kamu tetap menulis tapi jangan dengan cerita itu lagi. Bisa kamu buka document baru, lalu tulis apa saja yang ada di kepala kamu dan tanpa terasa tiba-tiba kamu sudah mood lagi!

3. Kalau bingung menamakan tokoh kita bagaimana?

Tanya Sir Google! Hehehe, coba saja ketik “Nama Bayi Korea” atau yang lainnya. Nanti keluar kok 😀

4. Waktu kirim naskah, harus tunggu berapa lama?

Yang satu ini tidak bisa ditentukan 😦 Tergantung penerbitnya sendiri. Ada yang menjanjikan dua minggu, tiga minggu, satu bulan, bahkan tiga bulan. Tapi kuncinya hanya satu. SABAR. Dulu aku juga pernah pesimis karena sudah lewat waktu yang dijanjikan tapi belum ada kabar juga perihal naskah yang ku kirim. Lalu, ketika aku berhenti memikirkan tentang diterima atau tidak, aku justru dikabari bahwa naskah ku akan diterbitkan! Jadi, kuncinya sabar dan terus berdoa!

Punya pertanyaan? Atau hanya ingin sekedar ngobrol? It’s okay kok! Kalian hanya perlu kirimin e-mail ke:

byanca_sastra@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s